Arsip Blog

Kamis, 03 Oktober 2013

Benteng VOC Kalianget



Benteng VOC Kalianget – Indonesia memang memiliki sejarah yang pahit pada masa penjajahan, dan butuh perjuangan serta pengorbanan yang besar dari para pahlawan kita untuk mencapai kemerdekaan. Maka setidaknya, peninggalan-peninggalan yang masih tersisa saat ini harusnya mampu membangkitkan rasa nasionalisme kita untuk terus berusaha memajukan dan mengharumkan nama bangsa.
Salah satu tempat wisata yang merupakan peninggalan sejarah adalah Benteng VOC kalianget ini, sebuah tempat persembunyian para penjajah dari amukan warga sumenep.
Benteng Tua yang dikenal dengan nama Benteng VOC kalianget ini ternyata menjadi salah satu saksi bisu atas meninggalnya Ki Mangun Direjo, seorang Patih dari kerajaan Suemenep, Madura. Benteng VOC kalianget ini di bangun oleh pemerintah belanda pada tahun 1785 masehi.
Benteng VOC kalianget ini memiliki area seluas 15.000 meter persegi, dengan panjang bangunan 150 meter dan lebar 100 meter.
Benteng VOC kalianget ini memiliki arsitektur kolonial belanda yang sangat khas, namun uniknya pada bagian atas Benteng VOC kalianget ini terdapat ornamen bulan dan bintang seperti yang ada pada bagian puncak masjid.
Dan ternyata di dalam Benteng VOC kalianget ini benar-benar ada sebuah ruangan yang tidak terlalu besar dengan hiasan tulisan arab di dinding ruangan tersebut, benar-benar seperti sebuah musholla kecil. Bangunan ini sempat di telantarkan selama beberapa puluh tahun, hal ini karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah daerah setempat, tempat inipun jadi di penuhi oleh ilalang-ilalang dan rumput liar lainnya.
Namun, semenjak tahun 2010 yang lalu, tempat ini mulai di resmikan sebagai sebuah cagar budaya dan objek wisata sejarah oleh pemerintah daerah setempat. tempat inipun banyak di kunjungi oleh beberapa wisatawan yang suka fotografi, karena Benteng VOC kalianget ini memiliki arsitektur yang unik, dan juga mampu menjadi sebuah objek foto yang memiliki nil

Konsultasi Bisa Dan Pemesanan Tiket Silahkan Hubungi Kami di  Add Pin BB kami : 5D54FFF1 atau telpon Langsung/WA ke 082.397.150.599 Melayani Dengan Sepenuh Hati untuk Anda :) di NabilaTournTrans

(Rental Mobil dan Wisata Kediri, Wisata Pulau Jawa, Wisata Indonesia dan Luar Negeri)


Untuk Harga, Fasilitas, dan Agenda Wisata Asyik silahkan klik http://wisatarentalmobil.com/paket-wisata/special-trip/exploring-madura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar