Arsip Blog

Rabu, 02 Oktober 2013

Goa Surowono




GOA Surowono yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, masih menyimpan banyak misteri hingga saat ini. Mulai dari kisah sejarahnya hingga cerita-cerita mistis yang menyelimuti goa ini masih menjadi buah bibir masyarakat sekitar, Itu pula yang membuat banyak orang yang berkunjung ke Pare. Uniknya, di atas goa yang di dalamnya merupakan aliran sungai bawah tanah tersebut, terdapat rumah-rumah penduduk Desa Canggu. Goa itu memiliki lima mulut goa yang saling berhubungan satu sama lain. Menurut seorang ibu yang tinggal sekitar lima meter dari mulut goa mengatakan, Goa Surowono jalan rahasia para prajurit kerajaan ketika menghindar dari musuh, dan merupakan salah satu tempat persembunyian para raja-raja.
Saat berdiri di mulut goa, muncul rasa penasaran untuk menelusuri goa yang di dalamnya terdapat banyak cabang. Bahkan, salah satu mulut goa yang berhadapan dengan pintu goa pertama dan belum pernah seorangpun menelusurinya, diyakini masyarakat sekitar, goa tersebut tembus hingga ke Candi Surowono yang terletak hanya sekitar 100 meter dari goa dan juga sampai ke Gunung Kelud. Konon, beberapa orang pernah mencoba tapi selalu cepat kembali keluar karena kesulitan bernapas.
Air super-bening yang mengalir di lantai goa dipercaya sementara orang memiliki khasiat seperti menyembuhkan penyakit, membuat awet muda, dan dapat menambah derajat seeorang. Tetapi, oleh peduduk Desa Canggu sungai kecil di dalam goa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, masak, dan bahkan mereka biasa langsung meminumnya. Tapi, sejauh ini tidak ada yang berani menggunakannya sebagai tempat untuk membuang kotoran. Tak heran bila air sungai sangat jernih hingga batu-batuan di dasarnya dapat terlihat dengan jelas. Ketika menceburkan kaki ke dalam sungai yang mengalir di mulut pertama goa, kesejukan air terasa mengalir ke sekujur tubuh. Benar-benar segar, sehingga tak sabar menggunakannya untuk membersihkan muka. di antara dua mulut goa yang tertutup dari pintu besi dan dalam kondisi digembok. Pintu besi itu dipasang sekitar setahun lalu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang menyimpang dari ajaran agama.
Konsultasi Bisa Dan Pemesanan Tiket Silahkan Hubungi Kami di  Add Pin BB kami : 5D54FFF1 atau telpon Langsung/WA ke 082.397.150.599 Melayani Dengan Sepenuh Hati untuk Anda :) di NabilaTournTrans

Untuk Harga , Agenda dan Fasilitas Wisata Asyik , Silahkan Klik www.wisatarentalmobil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar