Arsip Blog

Senin, 17 April 2017

Pantai Sanggar



Sebagai sebuah kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Indonesia, Tulungagung memiliki banyak pantai yang potensial untuk dikembangkan sebaga tempat wisata, salah satuya yaitu pantai sanggar terletak di Desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Propinsi Jawa Timur. Lokasi pantai tersebut berjarak 30 km atau sekitar 1 jam 45 menit dari pusat Tulungagung. Pantai sanggar juga disebut sebagai The Dreamland of Tulungagung. Letak pantai sanggar berdekatan dengan pantai sine, jarak pantai sanggar ke pantai sine kira-kira 3 km (jarak lurus/udara). Pantai sine terletak disebelah timur pantai sanggar, sedangakan sebelah barat pantai sanggar yaitu pantai pathok gebang.
Karena jauh dari pemukiman warga pantai ini pun masih terasa alami dan cocok untuk wisatawan yang suka piknik di tempat tempat yang jarang dijamah manusia.
Untuk berkunjung ke pantai ini disarankan sampai pantai pagi sehingga bisa mengunjungi pantai pantai lain disekitarnya seperti patai ngalur dan pantai patuk gebang. Bahkan jika waktu longgar dan ingin camping, pengunjung bisa sekalian mengunjungi pantai jung pakis dan kalipucung.
Untuk jalan menuju pantai sanggar hampir sama seperti pantai pantai lainnya di kecamatan tanggunggunung, yaitu dari arah pusat kota tulungagung menuju kecamatan campurdarat. Sesampainya di pertigaan pasar campurdarat belok ke kiri menuju arah pantai popoh. Sekitar 7km setelah pasar campurdarat ada pertigaan SMAN 1 Campurdarat. Di pertigaan tersebut belok ke kiri menuju ke arah tanggunggunung.
Untuk menuju pantai sanggar ikuti terus jalan yang paling lebar hingga menemukan pasar tanggunggunung. Dari pasar tanggunggunung masih terus hingga SMPN 1 tanggung gunung. Tepat di depan smp ada pertigaan, dan pantai berada di arah kanan. Dari pertigaan tersebut ke arah pantai masih belasan kilometer. Jadi cukup jauh, dan bila ragu bisa bertanya ke penduduk.
Setelah menenpuh perjalanan panjang wisatawan akan sampai di kampung terakhir yang ditandai dengan gapura bertuliskan pantai sanggar. Setelah sampai di gapura, terus saja hingga menemukan mushola di kanan jalan. Gang ke pantai sanggar berada di samping mushola.
Sesampainya di gang tersebut pengunjung dimintai sumbangan seiklasnya untuk biaya pembuatan jalan. Karena jalan sempit dan terjal, hanya sepeda motor yang bisa masuk.
Untuk mencapai pantai ada dua pilihan, pertama memarkir sepeda motor di warung setelah masuk gang, yang kedua adalah membawa sepeda motor sampai bibir pantai. Kalau cuaca cerah dan tidak habis hujan, pengunjung bisa memarkir sepeda motor ke pantai, tetapi jalannya cukup terjal dan sulit. Ketika tanah basah dan habis hujan, lebih dianjurkan untuk memarkir kendaraan di warung walaupun jalan menuju pantai masih jauh. Admin sendiri waktu ke sana lebih memilih memarkirkan sepeda motor di warung walaupun harus jalan kaki ke pantai sekitar satu jam.

Konsultasi Bisa Dan Pemesanan Tiket Silahkan Hubungi Kami di Add Pin BB kami : 5D54FFF1 atau telpon Langsung/WA ke 082.397.150.599 Melayani Dengan Sepenuh Hati untuk Anda :) di NabilaTournTrans

(Rental Mobil dan Wisata Kediri, Wisata Pulau Jawa, Wisata Indonesia dan Luar Negeri)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar